Spotted: Nursing Room in Bandung

October 07, 2014

Jujur, sebelum hamil dan melahirkan aku emang gak terlalu notice sama ruangan satu ini, yup, Nursing Room. Saat hamil pun aku sebenernya gak terlalu ambil pusing sama ruangan ini dengan pikiran, "toh sekarang kan ada nursing apron". Ternyata oh ternyataaa biar gimana juga Nursing Room adalah salah satu ruang yang teramat penting buat para ibu-ibu menyusui dan babies yang udah saatnya harus ganti popok padahal emak-bapaknya baru aja sampe mall! Karena nggak semua baby mau menyusui sambil ditutupin apron.


Waktu hamil Q, aku sempet baca artikel yang menjelaskan bahwa sebenarnya udah ada undang-undang pemerintah yang mengatur soal ruangan menyusui untuk tempat umum, perkantoran dan perguruan tinggi (CMIIW). Tapi prakteknya sih tetap kembali kepada si empunya public space yaa. Nyatanya di Bandung masih banyak tempat-tempat umum, kantor, apalagi perguruan tinggi yang sama sekali nggak punya fasilitas Nursing Room. *helanafaspanjang

Dari hari pertama Q ngemol sampe saat ini, setiap nemu Nursing Room aku selalu nyempetin foto buat bahan postingan di mari. Tapiii yaahh yu now lah yaa, karena setahun kemarin off dari blog, jadinya si foto-foto itu pabalatak alias nggak tau ada di folder mana aja di harddisk. Setelah ngubek-ngubek hd minggu kemarin, akhirnya ketemu beberapa foto Nursing Room yang ada di beberapa public space di seputaran kota Bandung ini. Let's take a peek..



Riau Junction
Ini mall pertama yang dikunjungi Q pas umur seminggu. Ceritanya habis PED visit ke Limijati, lalu pengen banget ke Kopi Scooter, jadilah mampir sini dulu, heheee..

Anyway, Nursing Room di sini is actually not too bad. Ruangannya cukup luas, sirkulasi udaranya juga bagus, cuma pilihan catnya aja yang rada aneh menurut kita sih. Di dalamnya ada sebuah sofa 2 seats, changing table, wastafel yang berfungsi baik lengkap dengan sabun cair, cermin, dan yang paling penting: tempat sampah.


Letaknya di lantai paling atas, satu lantai dengan food court dan kids playground. Beberapa kali ke sini tempatnya selalu bersih dan nggak pernah bau. Nyaman untuk sekedar ganti popok dan menyusui dan leha-leha sebentar, hehee..

IBCC (Istana Building Commodities Center)
Kita cukup sering mampir ke sini, karena lokasi Ace Hardware yang paling deket sama rumah ya di sini ini. Sayang sekali Ace Hardware di mana-mana nggak punya Nursing Room, padahal kalau ke sana aku sama S bisa ngabisin waktu berjam-jam lho! Aku pernah bilang sama admin twitternya Ace Hardware Indonesia untuk bikin Nursing Room di setiap store-nya, tapi tak dibalas biar sekedar basa-basi pun. (-_-) Mungkin bagusan di email aja kali ya??

Untungnya IBCC masih punya fasilitas Nursing Room. Tempatnya di lantai dasar kalau nggak salah, di atas Informa, satu lantai dengan toko-toko perlengkapan elektronik dan dekat dengan toilet umum. Ruangannya terpisah dari toilet dan tidak terlalu sempit. Ada 2 set sofa dan changing table yang sebenernya well designed. Itu plus-nya. Tapiiii, minusnya banyak.. :(



Si sofa dan changing table set nan cukup terdesain itu nggak terawat, selain bocel sana-sini juga kotor, untung aku bawa alas lagi buat baringin Q di atasnya. Wastafelnya nggak berfungsi sama sekali, ada tempat sabun tapi nggak ada isinya, tempat sampahnya juga udah rusak, jadi kalau masukin sampah harus dibuka pake tangan (tapi nggak bisa cuci tangan di situ, yuck!) dan ruangan jadi agak bau. AC juga nggak berfungsi jadilah lama-lama panas dan sumpek ada di sini. Selain itu, mungkin karena ruangan ini jarang digunakan, jadinya sering dipakai sebagai gudang, adaaa aja barang yang ditaruh di sini, vacuum cleaner dan container besar contohnya.


Daaaann, satu lagi problematika terbesar aku waktu menyusui di ruangan ini pada suatu hari. Ada mas-mas yang tiba-tiba masuk buat matiin lampu ruangan dooonngg!! (o.O) Naiiikk langsung darah ke otak, pengen marah tapi bocah lagi mimik, kalo aku teriak pasti dia kaget. Akhirnya cuma bisa ngomel pelan "mas, ada orangnya ini!!". Terus si mas-mas itu cuma nggak jadi matiin lampu lalu ke luar lagi, nggak pake permisi apalagi minta maaf!

Waktu itu aku sendiri karena S lagi muterin Ace, tapi berhubung udah kesel sampe ke ubun-ubun, selesai nyusuin Q dan ganti popoknya aku langsung nyari manager IBCC buat mengajukan protes berat! Ketemu satpam lalu aku tanya, "Pak, kalau mau complain saya harus ke mana ya?". Si satpam pun nanya apa masalahnya dan aku jelasin panjang lebar sambil masih nahan gondok. Pak satpam langsung nyari si pelaku yang akhirnya disuruh nyamperin ke depan pintu masuk. Kontan aku langsung marah-marah sama si pelaku yang ternyata emang dodolnya kebangetan, masa dia nggak ngerasa salah dong malah jawab "Yah biasanya kan nggak ada orang bu, jadi pas liat lampu nyala spontan langsung matiin lampu, ga liat kalau ada ibu di dalem."

Yakaliiii.. padahal kan bisa diliat dari ruangan kaca burem itu kalau ada orang di dalemnya! Dan aku juga udah bilang ada orang pas dia masuk pintu! Dan dia keluar lagi juga gapake permisi dan ga minta maaf! Akhirnya si pak satpam nyuruh si pelaku minta maaf. Dan aku udah kesel sampe ubun-ubun karena berhadapan sama orang dong-dong dan berasa percuma juga kalau diterusin yang ada malah makin gondok! Akhirnya berdamai dengan bilang "Makanya lain kali kalau kerja yang serius jangan sambil ngobrol!"

BIP (Bandung Indah Plaza)
Ini adalah salah satu Nursing Room favorit aku, so far di sini adalah ruangan menyusui paling nyaman dan paling bersih yang ada di dalam mall di Bandung. Lokasinya memang agak terpencil, aku juga taunya karena nanya ke bagian informasi. Niat? Iya dong, demi pengen tau sejauh apa kota Bandung punya fasilitas Nursing Room, dan demi kenyamanan bersama aku dan baby Q, berhubung nggak selamanya Q mau nyusuin sambil ditutup apron.


Nursing Room di BIP ini ada di lantai 3, dekat toilet namun di ruangan terpisah dan diberi nama Mother's Room. Quite catchy, ya!


Di dalamnya terdapat sebuah sofa ukuran sedang, changing table yang cukup panjang, muat 2 babies. Wastafel yang berfungsi dengan baik, sabun cair, cermin dan tissue yang selalu terisi. Lalu ada 2 ruangan tambahan khusus untuk menyusui yang terpisah dan tertutup tirai, di masing-masing ruangan ada satu sofa single yang sangat nyaman untuk menyusui.



Terdesain dengan sangat baik (menurut aku dan S), untuk ukuran Nursing Room di Bandung, yang ini niat banget! Kita jadi senang ada di dalamnya. Bersih dan nggak berisik. Sirkulasi udaranya juga ok, AC berfungsi sebagaimana mestinya. Nyaman banget ada di sini!

Baru ngeh postingan kali ini panjang banget, hahaa.. Semoga cukup membantu buat para breastfeeding moms out there yang tinggal atau lagi jalan-jalan di kota Bandung yaa..

P.S.:
For the sake of breastfeeding moms and those diapers that need to be changed, dear Pak Walikota Ridwan Kamil, tolong bikin undang-undang serius tentang ruang menyusui di tempat umum doonngg..! Kita butuh support juga dari pemerintah biar Nursing Room di public space nggak cuma dibuat seadanya-yang-penting-ada-lah aja.
*Semoga Pak Walkot baca, hehee..

You Might Also Like

2 comments

  1. barusan pulang dari bandung, cuma sempet mampir ke ciwalk sama PVJ,

    ciwalk ga punya nursing room

    dan PVJ nursing roomnya parah banget. masa mall sekelas PVJ nursing roomnya kaya gitu. pintu ga bisa ditutup, ruangannya bau pesing, wastafel patah pipanya, tempat duduknya 1 seat bukan macem sofa.

    sedih banget liatnya, jauh banget dibandingkan jakarta/tangerang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Merlin,

      Ciwalk kalau nggak salah ada nursing room, tapi gw lupa deh di lantai berapa, cuma 1 lantai itu doang soalnya, dan tempatnya juga nggak gitu besar, deket sama toilet kalau nggak salah.

      Setuju! NR PVJ memang kelewatan. FYI sebenernya dulu lebih parah lagi, kecil wastafel mati sebelah toilet persis dan bau pesing juga, plus tempat sampah yang selalu penuh. Sekarang NR nya pindah, tapi tetep deket toilet, tetep bau, lebih besar dikit tapi nggak terawat. Sama sekali nggak layak, IMO. Tapi bingung mau ngadu ke mana. Dulu waktu ngadu ke official account nya PVJ nggak digubris sama sekali soalnya, dikomen aja nggak, jadi males deh.. ^^!

      Sayangnya NR di beberapa mall di kota Bandung memang masih jauh kalah dibanding di Jakarta. Semoga next visit pengalamannya bisa lebih baik ya Mer.. :)

      Delete

The Dancing Fingers

Flickr Images