Mengajak Si Kecil Ke Pameran Seni

September 01, 2016


Gue dan S suka banget dateng ke pameran seni, desain, atau craft. Kalau main ke pameran bareng-bareng, udah pasti Q ikutan juga. Kami memang ingin ngenalin Q ke dunia kami sejak dini, biar tau juga emak-bapaknya kerja apa dan ngapain aja. Nggak jarang Q kami bawa ke tempat kerja atau ke tempat-tempat favorit kami (bengkel, toko material, toko bahan, dll), termasuk ke pameran-pameran seni.

Nggak sedikit orang tua yang khawatir saat ingin bawa anaknya ke pameran, terutama kalau si unyil masih berusia di bawah 5 tahun. Takut pegang sana sini, takut lari-lari, takut cranky, takut jadi nggak nyaman buat sang ortu saat sedang liat-liat dan ngiterin pameran..

Kali ini gue punya sedikit tips untuk para mama papa yang mungkin ingin bawa si kecil main ke pameran-pameran seni atau produk tapi masih bimbang gundah gulana..


1. Di-brief dulu.
Beri penjelasan sesederhana mungkin, tentang ke mana kita pergi dan mau ngapain. Apa yang boleh dan nggak boleh dilakukan, dan kenapa begitu. Nanti saat praktek, kemungkinan besar kita mesti ngulang-ngulang lagi soal apa yang nggak boleh dilakukan dan kenapanya, namanya juga bocah.. tapi kuncinya adalah kita nggak boleh bosen dan nggak boleh napsu nerangin soal itu berulang-ulang. 

2. Pastikan perutnya sudah full.
Ini penting pake banget! Laper bikin bocah jadi gampang cranky. Kalau perlu, tanyakan ke security atau panitia pameran, apakah boleh kita bawa cemilan untuk si kecil. Kalau boleh, bawa cemilan favoritnya biar di unyil bisa menikmati pameran sambil ngemil.

3. Bawa stroller, atau siapkan tenaga extra untuk gendong.
Stroller akan sangat membantu, si kecil nggak capek, mama papanya juga nggak capek. Kalau kalian kaya gue dan S yang memilih untuk gak bawa-bawa stroller lagi semenjak Q bisa jalan, maka wayahna (kalau kata orang Sunda mah), harus sabar dan siap kapan aja kalau-kalau si kecil minta gendong karena udah capek keliling pameran.

4. Dengar dan jawab.
Coba untuk tetap mendengarkan dan kasih respon ketika si kecil berceloteh. Kalau dia menanyakan sesuatu, jawab sesimpel mungkin, dan siap-siap akan pertanyaan-pertanyaan selanjutnya, heheee.. Jaga agar pembicaraan dengan anak tetap jalan, biar dia nggak merasa terabaikan - yang lalu bisa berbuah cape gak jelas.


Intinya sih memang mesti punya sabar ekstra, yah.. namanya juga jalan sama bocah.. plus kudu punya trik-trik buat bikin si kiddo tetep nyaman dan happy. Gue akui kalau liat-liat pameran bareng bocah rasanya memang beda, karena fokusnya udah pasti akan terbagi. Tapi dinikmatin ajaaa, santaaaaiii..

In case things got worse, nggak usah tunggu sampai si kecil tantrum depan umum, kalau udah mulai keliatan bosyan, ajak ke luar dulu. Cari suasana lain biar mood-nya nggak kacau. Kalau ternyata dia nggak mau balik lagi ke pameran, maka saatnya mama-papa untuk ngalah, yaa.. Coba untuk masuk bergantian, mama masuk papa jalan-jalan sama bocah, atau papa yang masuk dan si kecil main sama mama dulu.

Jangan lupa untuk kasih appreciation kalau si kecil sudah mau berperilaku baik selama jalan-jalan di pameran (meskipun cuma sebentar). Kalau udah sampai di rumah, review lagi bagian menyenangkan dari acara jalan-jalan ke pameran hari itu, agar si kecil tertarik untuk pergi ke pameran-pameran selanjutnya.

Have a great time with your kids yaa..!!

You Might Also Like

4 comments

  1. aahh.. pas banget nih tips nya mba. kebetulan anak ku sangat aktif dan penasarannya tinggi. jadi semua barang yang dia amatin biasanya dipegangin.. (sukur2 gak dijilatin).. kadang suka takut kalau ajak dia ke pameran seni atau museum.. kalo kenapa2 kan bisa kenapa2.. hehehe..

    makasih banyak mba tips nya, sangat membantu.. salam buat si kecil nya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola Rina,

      Di mana-mana bocah mah sama aja yah, suka heboh dan bikin emaknya jadi parnoan, hahaa.. senang bisa membantu.. salam juga buat si kecil ya mom.. :)

      Delete
  2. pada seneng ya liat pameran seni, kalo orang dewasa malah banyakan yang mete kalo ke pameran seni -_-

    ReplyDelete
  3. Setuju banget si sama tipsnya, dengan begitu ngajak anak ke pameran seni jadi pengalaman baru dan aman, hehehe.

    Salam,
    Shera.

    ReplyDelete

The Dancing Fingers

Flickr Images