Membersihkan Moka Pot

December 13, 2016

Image source
Ada yang di rumahnya pake Moka Pot? Selama ini saya nggak pernah googling atau tanya-tanya soal cara bersihin moka pot, pokoknya cuci aja gitu kaya biasa. Lalu ternyata bertahun-tahun saya salah besaaaarrr nyuci moka pot pake sabun cuci! Ke mana ajjaaa gueeee?? :(

Setelah beberapa minggu yang lalu tetiba pengen googling soal ini, akhirnya nemu lah video di YouTube soal cara membersihkan moka pot yang bener. Jadi, ternyata aturan utama membersihkan moka pot adalah: 
"Jangan pakai sabun cuci dan jangan pakai dishwasher!"
Yup, it's a big no! Sabun cuci dan mesin cuci otomatis bisa bikin lapisan moka pot rusak dan akhirnya malah bisa bikin si moka pot jadi karatan. Ada juga beberapa orang yang percaya kalau sisa-sisa kopi serta minyak yang menempel di dalam moka pot dalam waktu lama akan dapat meningkatkan cita rasa kopi yang dibuat.

Yuk kita bersihin moka pot kesayangan dengan cara yang benar! Semoga bisa bikin si moka pot lebih awet yaa..
  • Pastikan moka pot sudah benar-benar dingin sebelum dicuci. 
  • Buka seluruh bagian moka pot, buang sisa kopi yang ada di dalamnya, dan bersihkan seluruh bagian moka pot menggunakan air hangat. Hati-hati pegangnya yaa, moka pot mengalirkan panas dengan cepat, jadi sebaiknya nggak usah pakai air yang terlalu panas apalagi mendidih. 
  • Gunakan jari untuk menghilangkan sisa kotoran yang menempel di bagian dalam moka pot. Bisa juga dengan menggunakan sikat gigi (bekas atau baru) yang berbulu halus.
  • Keringkan seluruh bagian dengan kain. Buka bagian karet dan filter pada bagian atas moka pot, dan keringkan juga bagian-bagian yang tidak terlihat sebelumnya. 
  • Biarkan dalam suhu ruang hingga benar-benar kering. Jika sudah kering, baru seluruh bagian dapat dipasang kembali dan mokapot siap disimpan atau digunakan lagi.




You Might Also Like

1 comments

  1. Makasih tipsnya mbak, gak salah pilih judul ini buat dibaca :))

    Salam,
    Pink

    ReplyDelete

The Dancing Fingers

Flickr Images