Resep Donat Super Gampang Buat Sarapan

January 25, 2016

Pagi tadi sempet bingung mau bikin apa buat sarapan. S mesti berangkat pagi banget karena ada kelas pagi. Cuma dibekelin kopi di tumbler (sorry yaa :*). Terus Q bangun pagi karena semalem jam 7-an udah tidur (rekor semenjak masuk 1 tahun! hahaaa..). Gue belom belanja lagi dan lagi males kalo mesti beli lagi nasi kuning si ibu depan komplek, meski rasanya memang cukup enyak. 

Setelah kasih dulu Q susu UHT + pisang + jelly biar nggak cranky kelaparan, mulailah gue browsing di Pinterest, cari-cari resep gampang yang kira-kira bisa dibikin pakai bahan seadanya di rumah, dan yang bukan pancake! Hahaaa.. bosyaaann sayaaaahh bikin penkeeekk.. 

Singkat cerita, gue nemu resep Easy Homemade Doughnut Holes ini yang kayaknya cucok! Looks good in the pictures dan semua bahannya pas ada di dapur gue. Kebetulan Q lagi sedikit terobsesi sama yang namanya donya'. Tiap hari nanyain donyaaa' mulu.. 

aanndd.. tadaaaa..



Enyak juga lhooo! Dan asli gampang banget bikinnya, nggak perlu nunggu adonan naik lama-lama atau mesti pukul adonan sana sini. Sebentar doang udah jadi. Too bad gue nggak jago bulet-buletinnya jadilah bentuknya rada nggak puguh, hahaaa.. yang penting rasanya lah yaaaaa.. hihiii..

---

Bahan:

Minyak secukupnya untuk menggoreng
1 cup susu cair
1 telur 
2 cups tepung terigu protein sedang
2 sendok makan gula pasir
3 sendok teh baking powder
1.2 sendok teh garam
1/4 cup margarin, lelehkan (57g)

Cara bikinnya:

Tuang minyak ke dalam panci datar ukuran sedang. Sebaiknya minyak mencapai 3-5cm dari permukaan panci tapi nggak terlalu memenuhi panci.

Di mangkuk kecil, aduk susu dan telur, sisihkan sejenak.

Di mangkuk terpisah yang lebih besar, aduk tepung, gula, baking powder dan garam. Masukkan campuran susu dan telur dan aduk rata. Tuang margarin yang telah dilelehkan dan aduk rata hingga adonan terlihat lembut. 

Panaskan panci. Sendok adonan dengan sendok takar sesuai keinginan (gue pakai ukuran 1 teaspoon), masukkan ke dalam minyak panas. Goreng beberapa adonan sekaligus, tapi jangan terlalu memenuhi panci yaa! Goreng dan balik adonan hingga berwarna keemasan. Setelah matang, tiriskan di atas paper towel .

Biarkan donat agak dingin sebelum dihias atau diberi topping. 

Note: Resep donat diadaptasi dari justataste.com, dengan sedikit perubahan.

---

Toping paling gampang sudah pasti dikasih gula tepung di atas tumpukkan donat-donat. Kali ini gue lagi centil, karena Q suka banget coklat strawberry yang belakangan suka gue pake buat bikin cookies, jadilah dipake buat topping donat hari ini, along with those colorful sprinkle. 

Kalau pengen jadi glazed doughnut, di sini juga ada resep untuk bikin glaze-nya. Gampang juga kok, bahannya cuma gula tepung + susu + vanilla cair. 

Have a nice time in the kitchen! ♥

You Might Also Like

3 comments

  1. sllrrpp.. ngiler liat donatnya..
    bukmark dulu aahh..
    kakak, ayo update lagi blognyaa :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. siaaapp..
      semangat nulis lagi biar blognya rame kaya bubu jerapaahh..!! :D
      whooshah.. whooshaaaahh..

      Delete
  2. Aku paling suka makanan yang dibentuk kecil, gemes dan bikin pengen makan terus :D

    Salam,
    Senya

    ReplyDelete

The Dancing Fingers

Flickr Images