Sedikit Cerita - Ngedate

December 23, 2015

Hai!

Edisi pengen cerita aja.. setelah berhari-hari gak sempet posting..

Namanya manusia yaa, banyak mau dan suka baper (aiihh, kekinian sekali gue!). Dikasih sepi orderan pusing pala mikirin tagihan.  Dikasih banyak kerjaan pusing pala ngejadwalin mana yang mesti dikerjain duluan. Alhamdulillah gue lebih seneng pusing pala karena alesan yang kedua, meski biasanya akan selalu berujung pada begadang berhari-hari dan ngopi bergelas-gelas serta imboost dan madu untuk bikin badan tetep vit..

Yasudahlah, yang penting semua bisa jalan sama-sama, beres satu-satu, dan bisa tetep kruntelan dan main dan jalan-jalan dan makan enyak sama si bocah tengil dua itu (Yes! Dua-duanya bocah dan tengil memang. Like father like son!).

Anyway, setelah hari ibu kemarin gue dan Qavi puas tiduran sampe siang karena malemnya Q habis nemenin mobun-nya begadang, hari ini kami nge-date berdua aja. Momonya lagi ke Puncak, ada kerjaan yang mesti diberesin.

We miss you already, mo.. Anaknya dari bangun sampe mau tidur lagi nanyaiiiinnn mulu.. nah yang ini like mother like son lah yaa, hahaaa..

Gue dari kecil ke mana-mana naik angkot, sendiri, sama mama, sama temen, atau rame-rame. Sejak pertama kali bawa Qavi naik angkot (yang ternyata gak susah), gue jadi ketagihan jalan berdua doang. Asiknya lagi, kalau naik angkutan umum akan selalu ada banyak yang bisa diceritain.

Hari ini Bandung macet banget. Beberapa hari belakangan selalu kaya gini. Dari rumah gue di daerah Timur sampe Cicaheum aja sejam! padahal biasanya 15-20 menit aja kalau naik angkot. Untung perginya pas jam tidur siangnya Qavi, jadi aman soalnya anaknya tidur. Tapi panasnya ampun deh!

Sepanjang jalan liat pengendara motor yang ngelewatin trotoar. Seperti biasa. Udah nggak aneh lah. Tapi tetep aja sebel!

Liat orang buang sampah sembarangan. Padahal posisinya gak lagi dalam kondisi harus-banget-buang-sampah-sekarang-juga.

Ada yang naik motor rame-rame, suami istri dan dua anaknya. Ngerti, lebih murah, lebih cepet, lebih praktis. Miris aja liatnya. Anak-anaknya nggak ada yang dipakein helm.

Daaaaannn..banyak hal-hal lainnya yang sungguh bikin kita (atau gue doang kali ya) jadi mikirin ini itu, kenapa gini kenapa gitu.. yasudahlah..

Hari ini Qavi maunya digendong mulu. Entah kenapa padahal kemarin-kemarin maunya jalan sendiri gak mau dipegangin. Capek katanya. Mungkin iya sih, mengingat beberapa hari belakangan jam tidurnya jadi gak teratur karena ikutan kami kerja terus ke sana ke mari. Yasudlah, disyukurin aja. Meski encok pegel linu tapi thanks God masih bisa peyuk-peyuk si anak bujang.

Kadang kesel, diajak jalan-jalan malah minta gendong mulu. Tapi lalu tarik nafas dan kiss kiss dan hug hug biar keselnya ilang. Plus ngingetin diri sendiri, konon katanya anak cowok itu sebentar banget mau dipeluk-peluk dan di-kiss-kiss-nya, jadi nikmatin ajaaaa.. :)

Sampai di BEC kita makan dulu di Bakmie GM. Mas-masnya cepat tanggap! Langsung nawarin mau pake baby chair atau gak, dan langsung gue iya-in. Satu lagi yang bikin gue bersyukur. Sepanjang makan Qavi mau duduk manis di baby chair. Makannya juga gak pake syusyah. Yaiyalah pesennya bakmie, favorit banget itu mah! Hahahaaa..

Tapi baksonya nggak habis, keasinan! Lupa bilang tadi sama pegawainya. Baksonya hari ini asin banget, mas! Yakali dibaca sama pegawai atau manager-nya Bakmie GM.  Dan jamurnya dikit banget.. Perdana nih nyobain Bakmie GM di Bandung. Beberapa kali makan di Jakarta rasanya baksonya gak seasin ini deh.. Too bad.. Padahal kita sekeluarga pengemar Bakmie GM, kalau di Jakarta di manapun kalau udah gak-tau-mo-makan-apa-karena-udah-laper-dan-gak-bisa-mikir, pilihan selalu jatuh pada Bakmie GM karena rasanya udah pasti enak.

Selesai makan, kita naik ke Game Master. Cuma main 2 game. Lalu nonton yang lagi main Danz Base. Qavi doyang banget nonton yang lagi main Danz Base. Beneran nonton doang, di pinggir atau belakang. Anteng banget apalagi kalau yang main jagoan! Hihiii..

Pulangnya macet juga. Lalu baru pindah angkot, gak lama doi ngetem di Pahlawan. Lalu Qavi mulai menunjukkan tanda-tanda soon-to-be-cranky. Diajak turun aja deh. Sekalian beli Dunkin buat kasih oma yang hari ini ulang tahun.

Setelah beli DD di Giant, gue mampir ATM, taro 1/2 lusin donat di atas mesin ATM. Belum selesai transaksi, Qavi pengen pipis. Pengen pipis banget katanya. Buru-buru masukin uang sama ATM ke dompet, lalu cuss ke toilet umum.

Udah beres, mau pasangin sepatu Qavi, baru inget si donat setengah lusin ketinggalan di ATM. Buru-buru balik ke sana, dengan perasaan yakin pasti udah gak ada. Dan beneran udah gak ada..

Rasanya gondok! Iya, beneran deh gak boong, asli gondok banget..

Lalu terlintas kemarin baru aja nonton sekilas adegan di salah satu film tentang ibu yang diputer di tv lokal, sang ibu ngingetin anaknya untuk jangan pernah mengambil apapun yang bukan hak mereka, in a hard way, tangan anak-anaknya dicepret (apa sih bahasa Indonesia yang baik dan benarnya?) karena ketauan ngambil sesuatu. Sakit pasti, tapi gue bisa ngerasain apa yang dirasain ibunya, dan gue yakin ajaran itu bakal tertanam dalem di anak-anaknya itu. Sayang lupa judulnya dan nggak nonton lanjutannya karena mesti lanjutin kerjaan.

Tapi, bertahun-tahun bareng S, dari jaman pacaran sampe nikan dan punya Q dan sampe saat ini, gue jadi belajar banyak soal ikhlas. Sore tadi gue bilang baik-baik sama Q, kalau donatnya hilang.

Dengan berusaha gak mengeluarkan beberapa kalimat ini..

Kalau Q gak rusuh minta pipis tadi.. Kalau tadi pas di BEC dengerin bubun buat pipis dulu sebelum jalan pulang.. Harusnya tadi gak mampir ATM dulu, toh masih ada uang buat ongkos.. dan pikiran-pikiran setipe lainnya...

Habis dikasih kabar duka kalau donat hijau favoritnya yang juga ada di dalem dus itu hilang, merengeklah si bocah ini. Gue? Tarik nafas dalem-dalem.. Minta Q untuk gak merengek, lalu masangin sepatunya yang tadi belum sempet kepasang karena gue masih berharap si donat masih ada di tempatnya.

Masih setengah merengek, Q bilang "beli lagi aja donatnya..".

Akhirnya gue putusin buat beli lagi si donat. Kita balik lagi, minta setengah lusin donat yang sama dengan sebelumnya. Si mbaknya bingung, gue cerita singkat (karena kalau gue di posisi dia gue bakal penasaran apa yang terjadi dengan donat sebelumnya).

Keputusan beli lagi donat itu bukan karena Q merengek. Itu mah dibeliin satu lagi donat ijo juga beres. Tapi karena udah niat mau bawain donat buat omanya yang lagi ulang tahun di rumah. Plus untuk meyakinkan diri gue sendiri buat ikhlas kehilangan setengah lusin donat sebelumnya. Dan ini berhasil! Mungkin setengah lusin donat sebelumnya bukan rejeki kami, tapi rejeki orang yang dapetnya, jadi yasudahlah. :)

Malemnya Qavi nemenin gue ke pak RW untuk ngurusin KK. Pulangnya kita main sepeda-sepedaan. Pura-puranya naik sepeda, setengah lari sambil tangan kaya pegang stang gitu. I know it's kinda silly, but I love doing silly things with him..

Hampir sampai di depan rumah, gue berhenti mau ambil sampah bekas packaging di tengah jalan, lalu braaakk!! Qavi jatuh persis di depan gue dan gak kepegang. Buru-buru gue gendong Q, buang sampah ke tempat sampah deket situ, lalu mastiin mukanya yang abis nyium aspal gak kenapa-kenapa.

Merasa bersalah, iyalah pastinya. Tapi gue manusia, bisa melakukan kesalahan meski buat orang lain mungkin itu hal yang bodoh - Anak jatuh depan mata kok bisa gak ketahan? Malem-malem kok dibiarin lari-larian?

I did feel guilty..

Sampai depan rumah dibukain pintu sama omanya dan langsung dicecer pertanyaan khas oma-oma dengan penegasan yang gue terima adalah "kenapa bisa jatuh? kenapa gak dipegangin?", yang sejujurnya bikin gue terpojok dan makin merasa bersalah.

Tapi gue dan S udah sepakat soal pengasuhan anak, apapun yang terjadi, sebisa mungkin jangan saling menyalahkan. Fokus sama how to fix it dan terima aja yang udah terjadi.

Jadi daripada gue ribut lebih lanjut nanggepin omanya, atau sibuk menyalahkan diri sendiri, atau nyalahin Q yang malem-malem malah lari-larian, mending langsung aja bawa Q ke kamar dan ngecek hasil jatuhnya. Bawa ke kamar mandi, cuci-cuci, lalu menghibur si unyil satu ini sampe berhenti nangis. Kasih minum, baru tanya mana yang sakit. Dan ternyata sakitnya gak seberapa, kaget katanya. Tapi pas dicek, bibir atas, dagu, tangan sama lututnya baret karena jatuh tadi.

Gue inget, dulu kalau ketauan ada tambahan luka lagi di badan anaknya, mama selalu ngomel. Jalan hati-hati! Jangan lari-lari makanya! Siapa suruh naik-naik ke pohon? Makanya kalau dikasih tau dengerin!

Dan rasanya gak enak! Udah mesti nahan sakit, diomelin pula.. Akhirnya gue lebih memilih untuk gak bilang-bilang kalau sakit.

Gue mau memutus kebiasaan itu. Berusaha untuk lebih santai ngadepin hal-hal kayak gini. Karena anak-anak mesti hidup sebagai anak-anak. Melihat dunia sebagai anak-anak. Dengan sesedikit mungkin batasan ketakutan-ketakutan kita para orang dewasa.

Jatuh pas main sepeda-sepedaan di pinggir jalan malem-malem bukan sesuatu yang salah, atau menakutkan, atau bodoh. Itu adalah bagian dari pengalaman serunya sebagai anak-anak. Jadi menurut gue, biarin aja, it's ok! Lain kali lebih hati-hati aja.. :)


You Might Also Like

2 comments

  1. Terharu entah kenapaaaa :') hahahaha :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. been there maybe? hahaaa.. pukpuk onty.. nanti klo punya anak jangan suka diomelin kalau jatuh yaa, hihiii.. ;)

      Delete

The Dancing Fingers

Flickr Images