Let's Stop Yulin 2015

June 20, 2015

Ada yang pernah tau kalau Cina, tepatnya di YuLin - Guangxi, punya satu festival bernama Yulin Summer Solstice Lychee and Dog Meat Festival? Gue pernah denger, tapi jujur memang nggak pernah tertarik untuk mendalami festival apakah itu, karena di judulnya aja udah ada "Dog Meat Festival", means gue udah pasti nggak akan ikutan kalau misalnya suatu saat nanti ke sana selama festival ini berlangsung. I don't eat Dogs.


Lepas dari makan atau nggak makan, belakangan gue jadi lebih mendalami festival ini karena ada issue yang lagi marak tersebar di beberapa media sosial. Bahkan media internasional merilis artikel-artikel terkait masalah ini. Sampai terakhir gue search beberapa jam yang lalu, sudah ada sekitar 976.000-an foto dengan hastag #StopYulin2015 yang tersebar di Instagram saja. Gue sendiri jadi tertarik sama issue ini gegara liat postingan temen gue di Instagram. 

Now let's get to the issue. Yulin festival ini diadakan sebagai penanda awal musim panas. Kenapa harus makan anjing? Simply because Chinese people believe that eating dog meat brings good luck and health. Menurut kepercayaan mereka, makan daging anjing itu membawa keberuntungan dan baik untuk kesehatan. Tradisi ini sebenarnya sudah berlangsung bertahun-tahun, terus kenapa sekarang hebohnya??

Image source
Makan anjing memang legal di China, tapi yang jadi masalah adalah, saat menjelang dan selama Yulin festival, para anjing dan kucing (yes, they do cats too!) ini diperlakukan secara nggak layak. Beberapa orang bahkan mencuri anjing dan kucing peliharaan untuk kemudian dijual ke rumah-rumah jagal. :'(

Selama perjalanan dan di slaughterhouse ini mereka juga nggak diperlakukan secara layak, nggak dikasih makan, dilempar sana-sini, kadang diracun atau diberi obat, dan parahnya lagi, mereka harus melihat teman-teman anjing dan kucingnya dibunuh di depan matanya! OMG it really breaks my heart..


Duo Duo Animal Welfare Project bikin petisi untuk dikirim ke pemerintah YuLin. Isinya adalah permohonan agar pemerintah YuLin mau membatalkan festival ini. Mereka mengutarakan lima alasan untuk pembatalan Yulin festival yang akan berlangsung tanggal 22 Juni 2015 ini. 


1. Cina merupakan negara ke-2 dengan kasus rabies terbanyak di dunia. Pembantaian anjing dengan cara yang tidak semestinya dapat menjadikan para anjing ini rentan terhadap penyebaran penyakit, salah satunya rabies.

2. Berpotensi merusak stabilitas sosial. Karena menurut hasil investigasi dari aktivis, banyak anjing dan kucing yang dijual di pasaran merupakan binatang peliharaan curian.Membiarkan festival ini berlangsung berarti mendukung pencurian pencurian anjing.

3. Anjing-anjing yang dijual di pasaran rata-rata mati dengan kondisi sakit atau bahkan sekarat, menderita karena perjalanan jauh dan perlakuan kasar. Anjing yang terkontaminasi dapat menularkan penyakit ke manusia.

4. Festival ini menunjukkan kekerasan secara langsung pada anak-anak muda. Anak-anak di sekitar YuLin dapat melihat pembantaian pada para anjing ini berlangsung ketika mereka berangkat sekolah. Menurut penelitian, menunjukkan kekerasan pada anak-anak dapat mempengaruhi kondisi mental dan psikologis mereka, serta dapat menyebabkan mereka melakukan kekerasan atau tindakan kejam kelak. 

5. Pemerintah Cina sudah mengatakan bahwa festival ini sebenarnya bukan budaya makan tradisional mereka, melainkan hanya sekedar cerita rakyat sekitar. Berarti kalaupun festival ini diberhentikan, tidak akan membahayakan budaya asli Cina. Untuk mengangkat budaya Cina, pemerintah sebaiknya menghilangkan praktek-praktek lama yang menggambarkan kekerasan di masa lalu sehingga tidak merusak budaya Cina secara keseluruhan di mata orang-orang dari negara lain. 

Tinggal beberapa hari menjelang festival ini berlangsung, eh.. 2 hari lagi deng.. *dodol banget gue baru liat kalender.. So, siapapun kalian yang baca postingan ini, pemakan anjing ataupun bukan, penyayang anjing atau justru takut tiap liat anjing, peduli atau nggak peduli soal issue ini, please do care! Tolong luangkan waktu beberapa menit aja untuk mengisi petisi Please Shut Down the Yulin Dog Meat Festival in GuangXi China ini untuk mendukung penghentian festival ini, paling nggak atas nama kemanusiaan.

Sampai post ini dipublish, ini total petisi yang masuk beserta kekurangannya.
Sampai post ini gue publish, total petisi yang masuk ke www.change.org sudah sekitar 839ribuan. We could make a change! Setiap suara akan sangat berarti. Jadi tolong diisi yaaa petisinyaaa.. :)

IMO, makan anjing mah makan aja nggak usah pake cara kayak gitu kaliii.. Might be better kalau pemerintah China mau bikin peternakan khusus untuk anjing yang akan dikonsumsi. Meski gue tetep aja merinding ngebayangin peternakan anjing. Tapi paling nggak mereka akan diperlakukan selayaknya binatang ternak, dibesarkan dengan sayang, diberi makan layak, dan disembelih juga dengan layak.. at least..

Anyway, thanks for caring!
Let's #stopyulin2015 and #stopyulinforever. 

You Might Also Like

0 comments

The Dancing Fingers

Flickr Images