Toddler Playdate and Family Picnic at Taman Hutan Raya Bandung

August 26, 2015

Yes, another playdate.. yuhuuu~!
Berhubung setelah lebaran kemarin belum sempet meetup lagi sama March Birth Club 2013 moms n toddlers, dan kebetulan ada undangan acara mendongeng di Taman Hutan Raya hari Minggu kemarin, jadilah kita para TUM MBC13 Bandungers piknik keluarga besar di Tahura.


Judul awalnya memang pengen ikutan acara mendongeng, tapi begitu sampe sana ternyata daerah sekitar tempat dongeng udah penuh banget sama keluarga lain yang pada gelar tikar dan nonton. Karena kita rame-rame (you know lah emak-emak Bandungers ini doyan banget kumpul), nggak muat dong (empat) tikar gede kita digelar di sana. Jadilah kita melipir ke pinggir demi bisa menikmati kebersamaan dan makanan yang udah dibawa, hahaa..


Hari itu judulnya potluck, seperti biasa. Masing-masing bawa makanan yang dilebihin biar yang lain bisa icip-icip dan ngabisin, hihii.. Gue, bawa apa lagi kalau bukan si brownies andalan?! Plus cream soup yang kurang maizena jadi rada encer. Gapapa lah ya yang penting enak, hehee.. Sampe sana, makanannya banyak beneeerrr! Ada nasi (selalu, nggak pernah nggak!), mie goreng, sate sosis, tumis tahu, sayur brokoli, nugget, kue cubit sampe cake, komplit! Ini salah satu alasan kenapa gue nggak rela ketinggalan jadwal potluck-playdate, hihihii..

Little muncher does love the foods!
Sebelumnya kami udah sering playdate di beberapa taman kota Bandung. Taman Film, Taman Alun-Alun, Taman Balai Kota, Taman Vanda, tapi belum pernah piknik (baca: gelar tiker dan makan rame-rame) di taman-taman itu, karena tampaknya memang bukan tempat buat piknik juga sih. Ternyata piknik bareng toddler gak repot lho! Selama kita well prepared dan ada tandem buat gantian ajak main si bocah kalau udah bosen duduk dan makan-makan. Namanya juga anak 2 tahun, jangan berharap mereka bisa duduk santai lama-lama sambil makan dan ngobrol serta menikmati indahnya hutan dengan tenang! They want to explore more!




Di dalam hutan banyak hal yang jarang mereka temui di tempat lain. Qavi sibuk main sama beberapa ranting pohon yang jatuh di sekitar tempat kami duduk. Anak-anak lain ada yang manjat pohon (dipegangin papa-papanya dong tentunya!), mondar mandir sana sini, lempar-lempar daun kering, atau berkunjung ke sarang semut. Ada juga yang nggak begitu tertarik untuk beranjak dan lebih memilih duduk santai baca buku sama ibunya atau sekedar jalan-jalan keliling hutan. Every kids are different, right! Even though they were born on the same month. Seru deh ngeliat kesibukan anak-anak ini. Kadang sibuk sendiri, kadang kepo sama yang lain lalu ikutan sibuk bareng, so cute!



Kangen-kangenan dan makan-makan hari itu ternyata bikin kita semua lupa waktu. Begitu sadar di sekitar kita udah nggak ada orang. Betah banget deh piknik di Taman Hutan Raya Bandung ini! Nggak kerasa ternyata udah sore, itu pun sadarnya setelah emak-emaknya pada kekenyangan dan bocah-bocah mulai ngantuk (padahal emaknya juga), hahahaa.. Playdate di taman memang seru, minim pertengkaran dan rebutan mainan antar bocah. Semua happy!


Untuk masuk ke Taman Hutan Raya Ir, H, Djuanda ini, kita dikenakan biaya masuk Rp 10.000 per orang dewasa, anak-anak gratis! Parkir bayar juga Rp 10.000 per kendaraan roda 4, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda 2. Mungkin karena weekend, kemarin tempat parkirnya penuh, dan di dalam ternyata bener-bener rame!

Jangan lupa bawa tikar atau alas duduk kalau mau piknik di sini, soalnya tanahnya kering jadi agak berdebu kalau nggak dialasin. Bawa bekal yang banyak! Karena di sini waktu nggak berasa, tapi lapar tetep berasa. Kalau bawa toddler, lebih baik datang nggak sendiri, biar kalau si kecil ingin jalan-jalan, bisa gantian makan atau beres-beres. Remember that toddlers don't like to wait! hahaaa.. Ohya, di sini juga ada playground tipe outbound gitu untuk anak-anak yang lebih gede.


Tahura nggak cuma asik buat piknik lho, kalau cuma ingin sekedar jalan-jalan menikmati udara segar hutan setelah sumpek kena macetnya kota Bandung dan kesel sama orang-orang di jalan yang suka nggak mematuhi aturan lalu lintas yang baik (curcol dikit), Tahura bisa jadi alternatif untuk melepas penat! Dibanding dulu waktu pertama kali ke sini jaman gue masih jadi pramuka siaga SD, lalu pas jadi anggota paskibra SMP, sekarang Tahura sudah jauh lebih bagus (yaiyalah itu mah jaman dulu banget kaliii..!!).

Please please please jangan buang sampah sembarangan yaa! Ada banyak ko tempat sampah di sekitar tempat piknik dan di sepanjang jalannya, jadi tahan untuk nggak buang bekas botol air mineral atau bekas bungkus cemilan begitu saja di jalan atau tanah, demi kenyamanan bersama. :)

Daaan jangan lupa bawa kamera, atau pastikan baterai smartphone terisi penuh! Karena banyak banget spot seru untuk foto-foto di Tahura.

Selamat piknik!

How I love those happy eyes! ♥
>> Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda <<
Jalan Ir. H. Juanda, Lembang
Jawa Barat - Indonesia



Follow my blog with Bloglovin

You Might Also Like

2 comments

  1. Keren yaa Bandung banyak taman2 yg tematik, tp yg ini kayaknya paling seru kalau dikunjungi ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa..yang ini lebih seru karena judulnya taman tapi dalemnya hutaaann..!! hihiii.. luas banget, bisa ngapain aja di sini dan ga perlu takut ga kebagian tempat.. :D

      Delete

The Dancing Fingers

Flickr Images